Selasa, 15 November 2011

Gynecomasti alias payudara lelaki

Bicara payudara tentulah persepsinya berkembang pada makhluk wanita setelah umur 9-10 tahun , dada yang semula rata akan bertumbuh membentuk payudara yang menonjol dan berbentuk khas sesuai dengan anatomi tubuh dan postur setiap wanita dan itu adalah fisiologis normal . Dan umumnya payudara pada wanita akan berkembang simetris,seimbang kiri dan kanan,Ini akan jadi masalah kalau perkembangan terjadi pada pria yang harusnya tidak bertumbuh


dan lebih repot lagi jika tonjolan tersebut terjadi hanya pada satu sisi.akan membuat risih dan malu bagi penderitanya.



Ginekomati sering di jumpai pada laki-laki usia 65 tahun,apalagi kalau gemuk penyakit ini lebih mudah mampir . Penyakit ginekomasti ini sering juga dialami oleh penderita-penderita yang mengalami kelainan pada liver , kanker atau sirosis hati ,karsinoma pada testis . tumor anak ginjal. , hyperthyroids dan hipogonadisme.

Perlu  juga  diperhatikan bahwasanya obat-obatan  juga dapat menyebabkan munculnya benjolan payudara yang sangat membuat sungkan pemilikya ini.seperti obat anti hipertensi , digitalis , simetidin , diazepam , amfetamin , obat khemotherapi dan hormon estrogen.

Hampir 50 % penyebab ginecomastia tidak dapat di jumpai.diagnosa pasti ginecomasti dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan Fine Needle Aspisari Biopsi (FNAB) atau pemeriksaan histopatologi setelah dilakukan operasi .

Namun kondisi ini sebenarnya bukanlah aib yang mesti di sembunyikan sebab tiap manusia sudah terbentuk dari dalam tubuhnya seperti itu .Faktor makanan dan lainnya tidak dianggap berpengaruh untuk terjadinya kelainan seperti ini . dan kelainan seperti ini harus dikonsultasikan dengan dokter . payudara pada lelaki memang telah membuat segala sesuatu jadi tidak indah,namun tidak perlu kawatir sebab masih ada tindakan untuk menghilangkannya , yaitu dengan operasi superfisial mastectomi atau subkutan mastectomy.

Berikut adalah seorang laki-laki 35 tahun dengan benjolan unilateral pada payudara kanan mengalami pertambahan besar sejak 5 tahun belakangan ini . penderita merasa kurang nyaman sehingga harus dilakukan tindakan subkutan mastectomy .Dengan insisi seperti terlihat pada gambar , tampak disamping merupakan hasil post operasi .







This is a man 20 yo with left gynecomasty and had doing superfisial mastektomi on june 2012 , in this picture is post surgycal ten day.




115 komentar:

  1. Dok saya pria 20thn, dada saya terilihat agak tidak normal seperti pria yg lain nya. dada saya agak besar dan mancung. padahal tingggi saya 173 dan bb 65.jujur saya agak malu dan tidak PD dengan dada saya yg tidak normal itu. yg saya mau tanya kan:
    1.apakah saya terkena ginekomastia ?
    2. kepada siapa/ dokter ahli apa saya harus konsultasi?
    3. apabila perlu tindakan operasi, berapa biaya yg saya harus keluarkan ?
    terimakasih dok sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya , sesuai pertanyaanny :
      1. usia dua puluh tahun bisa mengalami ginekomastia . seperti gambar pasien diatas yang saya pernah operasi juga usia 20 tahun. Umumnya pembesaran payudara 1 sisi tapi pernah juga beberapa kasus mengenai kedua sisi. Untuk memastikan bahwa itu benar suatu gynecomasty diperlukan aspirasi biopsi ( biopsi atau sedot dengan jarum halus ) oleh dokter spesialis patologi anatomy.

      2. Untuk konsultasi langsung saja ke ahli bedah umum , bedah plastik atau bedah tumor ( bedah onkology ).jika boleh saya tahu di mana adinda berdomisili ?

      3. Jika sudah pasti suatu gynecomasti secara Patologi anatomy maka tindakan yang terbaik tentunya operasi membuang jaringan payudara yang membesar atau di sebut dengan mastektomy superfisial.seperti pada gambar. Biaya operasi tergantung kelas kamar dan rumah sakit .Operasi termasuk operasi sedang sampai besar tergantung besarnya tumor. pembiusan adalah bius umum dan perawatan setelah operasi adalah 2-3 hari setelah operasi. saya tidak dapat memberikan gambaran pasti biaya tapi pengalaman saya untuk ruang kelas III adalah berkisar 3-5 juta.mkn sementara itu yang dapat saya informasi buat adinda tq

      Hapus
    2. Murah bgt dok cuma 3-5 juta...kalau boleh tau operasinya di rumah sakit dan daerah mana ya? hub saya di didays92@yahoo.co.id

      Hapus
    3. fyi posisi saya di jakarta barat

      Hapus
    4. Selamat pagi dan salam kenal ya alex , tarif yang kami sampaikan adalah kisaran tarif untuk kelas tiga atau tarif untuk pasien tidak mampu yang tercantum di Tarif pemerintah yang lama INA DRG. itu adalah kisarannya pada saat itu 2012 red. Sekarang yang berlaku di tarif pemerintahan adalah INA CBG / BPJS .untuk tahu pasti anda bisa langsung konsultasikan ke RSCM atau rumah sakit pemerintah terdekat di jakarta barat.tks ya

      Hapus
  2. Saya berdomisili di kota Bandung, dan jujur saya belum berbicara kpd orang tua saya mengenai penyakit ini dok. saya mau bertanya lagi dok :
    1. Apakah sesudah operasi payudara saya bisa normal/ datar kembali ? apakah kemungkinan bisa kambuh kembali ?

    2. Apakah luka bekas operasi bisa hilang/ kembali normal ?

    3. Di Bandung ada Rumah sakit negeri, yaitu Rumah sakit Hasan Sadikin. Adakah perbedaan biaya operasi rs negeri dengan rs swasta? Orang tua saya punya kartu ASKES dok, apakah bisa meringankan biaya operasi saya ?

    Terimakasih atas jawaban pak dokter, saya sangat terbantu dok :)

    BalasHapus
  3. baik untuk di bandung cukup banyak rumah sakit yang mumpuni salah satunya adalah RSU hasan sadikin:

    1. Jika sudah benar hasil PA nya suatu gynecoplasti , maka setelah operasi
    akan kembali rata atau normal dan tidak kambuh lagi jika hasil operasi bersih.Namun mesti di ingat bahwa kanker payudara bisa terjadi 1 % pada laki-laki.

    2. Luka operasi hilang sama sekali tentu tidak mungkin namun bekas operasi yang rapi dan samar bisa terjadi.sehingga sulit dilihat sepintas lalu.agar hasil operasinya bisa halus dan rapih mungkin adinda bisa minta benang jahit yang halus atau jahitan di bawah kulit ( subkuticular).

    3. Adinda bisa berobat di RS Hasan sadikin dengan menggunakan kartu askes orang tua dengan syarat adinda terdaftar sebagai tanggungan orang tua . anak biasanya yg di tanggung anak 1 dan 2. kemudian anak tersebut masih belum menikah.Kemudian jika pakai kartu askes jika sesuai kelas dengan gol PNS orang tua maka tidak perlu tambahan biaya kecuali ada obat yg tidak tersedia di askes harus di beli.Namun jika naik kelas misalnya jatah askes mis kelas 2 lantas adinda minta di kelas satu atau vip maka adinda terkena selisih biaya yang mesti di bayar.saya sarankan ambil sesuai jatahnya.

    Demikian adinda yg dapat saya infokan sementara tks.

    BalasHapus
  4. jika tanpa operasi apakah bisa sembuh dok?

    BalasHapus
  5. selamat malam dan salam kenal ... Gynekomasti tentu tidak bisa hilang dengan obat-obatan atau kecil sendiri. Berdasarkan pengetahuan saya untuk menghilangkan atau mengecilkannya yang pasti melalui operasi...terimakasih.

    BalasHapus
  6. apakah tonjolan pada seseorang yg mengidap penyakit tersebut dapat membesar dok? apakah bisa untuk membuat tonjolan pada payudara mengecil selain operasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ...ya . benjolan gynecomasti akan bertambah besar secara perlahan..gynekomasti tidak dapat mengecil dengan obat , pilihan terbaik adalah melalui operasi...tks

      Hapus
  7. apakah penyakit gynecomasti ini seperti tumor atau tidak ya dok? lalu apabedanya gyenomasti ini dengan tumor?

    BalasHapus
  8. Selamat pagi dan salam kenal ya ..Ginecomasty adalah pertumbuhan payudara normal seperti pada wanita sedangkan pada laki-laki payudara tidak berkembang hal ini terjadi karena ada faktor hormonal pada wanita yang menyebabkan payudara berkembang. Jadi sudah dapat di pastikan jika gynecomasti bukanlah suatu tumor . Kalau tumor adalah perobahan sel yang bertambah banyak dan abnormal dan jika tumornya ganas cenderung membesar dengan cepat dan mempunyai anak sebar atau bermetastase ke seluruh tubuh tks.

    BalasHapus
  9. selamat pagi dok,, kalau RS yang memumpuni menangani gynekomasti di jogjakarta itu rumah sakit mana ya dok? mhon informasinya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal , di jogja yang pasti ada di rumah sakit umum sarjito dan rumah sakit umum daerah yangada dokter spesialis bedahnya. itu dapat melakukan operasi gynekoplasti.tks ya

      Hapus
  10. dokter saya mau bertanya kira-kira berapakah biaya operasi untuk ginekomastia?? apakah penyakit ini bisa dseumbuhkan dengan obat atau dengan olahraga??? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamatan sore dan salam kenal ya..biaya operasi sangat individual tergantung rumah sakit dan daerah dimana anda berdomisili. , jika pure penyakit ginekomastia obat dan tindakan -tindakan lain tidak memberikan hasil yg baik,karena operasi adalah standar emas penanganan kasus ini. tks..

      Hapus
    2. Biasanya jika dokter melakukan operasi berapa biaya yg diperlukan? Saya berdomisili di bndung thx

      Hapus
    3. selamat malam ya....operasi gynecomasti termasuk operasi yang sulit jadi secara standar termasuk operasi besar jika gynekomastinya besar . kemudian diperlukan pembuatan flap untuk menutup bagian yg dibuang. namun biaya itu sangat tergantung juga dengan rumahsakitnya dan ahli bedah yg melakukan tks.

      Hapus
    4. Saya pria umur 27 taun.. dari dua bulan yang lalu ada benjolan di bawah puting kiri dok skitar 1ato 2cm kalo di tekan agak sakit kira2 menurut dokter apakah itu Gynecomasti??

      Hapus
    5. selamat pagi dan salam kenal ya mas andre , anda berdomisisli di lombok ya ? kota indah yg terkenal dengan gilitrawangan dan gili yg lainnya saya pernah kesana , luar biasa .Benjolan pada dada disekitar puting susu dengan diameter 1-2 cm dan agak nyeri dapat di raba dan berbatas tegas berdasarkan paparan anda di atas saya lebih cenderung itu bukan suatu gynekomasti...karena pada ginekomasty batas tumor tidak jelas dan tidak nyeri. Namun begitu untuk memastikan jenisnya anda bisa periksakan dengan jarum halus BAJAH ( Biopsi Aspirasi Jarum Halus ) dan konsultasikan dengan ahli bedah di lombok tentang kondisi benjolan payudara anda . sebab perlu juga anda ketahui bahwa ada kasus keganasan pada payudara laki-laki sekitar 1 % yg perlu mendapat perhatian serius.tks..

      Hapus
  11. assalmualaikum dok, salam kenal.

    umur saya 27 tahun. kedua payudara saya besar seperti wanita. semasa SMA saya memang pernah gemuk. awalnya saya mengira hanya karena obesitas, jadi saya mengabaikannya saja. tapi, sewaktu kuliah berat badan saya turun drastis, anehnya payudara saya tidak ikut mengecil. setelah cari2 d internet saya menemukan istilah ginekomastia. informasi selanjutnya yg saya temukan, penyebab ginekomastia bsa karena kelainan hormon, obesitas, atau gangguan liver. akhirnya saya simpulkan sendiri penyebab ginekomastia yg saya derita. kecuali obesitas (karena saya pernah kurus), ginekomastia pada saya mungkin dikarenakan penyakit liver yg pernah saya derita waktu SMA, atau kelainan hormon. mungkin jga kelainan hormon karena tubuh saya tidak proporsional sbgai pria. otot saya sulit terbentuk, contohnya tangan saya kecil pdahal tubuh saya gemuk.

    pertanyaan saya dok :

    1. apakah kesimpulan saya tentang penyebab ginekomastia yg saya derita benar?

    2. berdasarkan fakta d atas, adakah jalan untuk mengecilkan payudara saya selain operasi?

    3. jika memang harus dioperasi, mohon infonya dok, untuk kota Pekanbaru dimana tempat (rumah sakit atau dokter) yg tepat untuk saya datangi?

    saya tunggu jawabannya ya dok, dan terimakasih.

    wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya mas...anda menderita gynekomastia dan sekarang usia 27 tahun ..seperti yang saya telah tulis diatas bahwa faktor obesitas juga berpotensi untuk menyebabkan terjadinya gynecomastia. sebenarnya cukup jarang kasus gynecomastia yg melibatkan kedua sisi payudara , karena beberapa kasus gynecomastia yang saya jumpai adalah pada 1 sisi. Kesimpulan nada mengenai kasus anda bisa jadi benar , faktor hormonal juga besar pengaruhnya terhadap angka kejadian gynecomastia.

      Saya belum ada membaca tentang gynecomastia murni yang dapat menghilang atau menjadi normal melalui konsumsi obat-obatan.

      Operasi saat ini masih pilihan terbaik...jika anda ingin melakukan operasi untuk membuang benjolannya bisa dilakukan dengan ahli bedah umum yg pernah melakukan mastektomi superfisialis , ahli bedah plastik atau ahli bedah tumor. Anda memiliki benjolan pada 2 sisi sehingga operasi yg di lakukan haruslah pada kedua sisi secara seimbang minimal mendekati seimbang . jika anda berdomisili di pekanbaru , bisa mendatangi rumahsakit arifin ahmad atau kerumah sakit 2 swasta yg lain.

      saat ini saya tengah pendidikan bedah khusus pembuluh darah di rscm , ke pekanbaru hanya sekali 2 atau 3 minggu, di pekanbaru ada juga ahli bedah plastik kalau gak salah dr ipang beliau ada di rs awal bros. tks ya

      Hapus
  12. Maaf dok sebelumnya saya rizky dari west borneo dok,sy mw tanya dok payudara sy sejak sma sudah semakin membesar tp yg sebelah kiri lebih besar dok,dan puting sy terasa gatal dan membuat sy risih..
    Pertanyaan,
    Apakah sy terkena gynekomasti dok?
    Dan kira kira berapa lama penyembuhan setelah oprasi dok..?? Thanks dok sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. met malam dan salam kenal ya rizky apa kabar west borneo ? semoga aman dan kondusif ya.Anda mengalami pembesaran pada payudara kiri.puting juga terasa gatal.Payudara membesar yg menyerupai pertumbuhan payudara wanita normal itu yg disebut dengan gynekomasti.Jika ada benjolan atau bagian yg berbeda konsistensinya dengan jaringan payudara normal bisa jadi itu tumor atau jenis yg lainnya. dan tentu gynekomasti tidak ada nyeri dan tanda-tanda inflamasi. Lebih sering mengenai 1 sisi payudara.kami menduga itu suatu gynekomasti namun untuk pastinya anda bisa juga periksakan aspirasi biopsi.

      Jika dilakukan operasi akan berlaku seperti luka bekas operasi pada jaringan normal dalam 3-5 hari telah mengalami perbaikan asal tidak ada infeksi.tks

      Hapus
  13. selamat sore dok, saya pelajar berusia 13 tahun...
    di kedua payudara saya agak besar dan ada benjolannya, saya pernah konsultasikan ke dokter dan dokternya bilang saya kelebihan hormon, waktu itu sih udah diberi obat tapi sampai sekarang tidak terjadi perubahan...
    apakah saya terkena ginekomastia? apa saya harus di operasi? dan berapa biaya operasinya?
    saya tinggal dijakarta, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan terima kasih atas komennya ya dion..kedua payudara anda membesar diusia 13 tahun, anda khawatir dengan payudara yg bertambah besar , sudah kedokter tapi tidak dianjurkan operasi . Dion , sebenarnya gynekomasti bukanlah tumor yg perlu anda takutkan . Sebab meski anda sudah pasti menderita ginecomasti anda mesti di operasi . apalagi usia anda baru 13 tahun dan terjadi pada kedua payudara . Hal ini bisa tampak seperti ginekomasti pada anak seusia anda yg berbadan gemuk . Untuk tahu pastinya anda bisa periksakan dulu payudara dengan FNAB ke ahli PA jika hasilnya positif ginekomastia baru anda pertimbangkan untuk penanganan serius. sebab ginekomasti tidak dioperasi juga tidak ada masalah . Hanya saja memang terlihat kurang indah demikian ya tks.

      Hapus
  14. Dok saya berumur 16 tahun , laki laki . Waktu saya mandi saya baru menyadari adanya tonjolan kecil kurand dari 0,5cm seperti jerawat tepat di atas puting saya . Apakah itu berbahaya dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya agusty ..anda mengeluhkan adanya benjolan kecil sebesar 0,5 cm tepat di atas puting . benjolan pada puting susu seperti yang anda alami tentu itu bukan gambaran klinis dari gynekomasti. jika kita bicara mengenai tumor payudara memang bisa terjadi pada laki-laki , jadi tidak hanya pada wanita. dan umumnya tumor payudara sekitar 1 persen dan biasanya ganas.Sebaiknya anda periksakan benjolan tersebut kedokter terdekat.pemeriksaan PA perlu dipikirkan untuk memastikan jenis tumor. jika tidak terfiksir kista atau abses bisa juga jadi bahan pertimbangan..tks

      Hapus
  15. Selamat malam Dok
    Saya GevaUmur 22 thn
    Domisili Jakarta
    Saya mengalami besar nya dada bagian kanan,tapi saat saya tekan tidak ada penjolan atau rasa nyeri yg di rasakan apa itu bisa di sebut dengan Gynecomasti,bentuk dada saya mirip dengan gambar no 1 pada blog anda dok.
    Saya ingin menanyakan soal Gynecomasti itu tersebut
    karena saya hari kamis akan coba konsultasi dan pemeriksaan di RS.Haji

    1.Apa ada ciri khusus untuk penyakit tsb selain membesar nya salah 1 sisi dada?

    2.Apa besar nya salah 1 sisi dada itu dapat di sebab kan oleh hormon tubuh kita yang tidak seimbang?

    3.Jika memang di sebab kan oleh hormon,bisakah dokter jelaskan hormon apa yg mempengaruh dlm hal tsb?

    Terima Kasih


    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya geva...anda mengalami benjolan pada payudara kanan yang tidak nyeri ..... sudah berapa lama ya ?

      Jadi gynecomasty atau pemebesaran payudara pada laki-laki ini bisa juga di alami pada ke dua payudara. Jaringan payudara berbeda dengan jaringa tubuh lainnya dan penrtumbunhannya terjadi di saat pubertas pada wanita di mana payudara mulai tumbuh. hal yang sama juga akan berlaku pada laki-laki jika kadar hormon penumbuh jaringan payudara ini dominan pada daerah payudara kanan anda..Hormon tersebut adalah hormon estrogen.

      Biasanya setelah payudara berkembang hormon ini tidak adalagi pengaruhnya terhadap pertumbuhan payudara...sehingga operasi yang di lakukan setelah pertumbuhan itu terjadi tentu tidak akan menyebabkan pertumbuhan lagi ( rekurrent ). tks

      Hapus
    2. Selamat sore dok
      bukan benjolan dok,tapi hanya sekedar besar gitu dok
      tidak nyeri sama sekali atau apa pun
      saya sudah dari masih SMP mengalami nya,krn saya pikir awal nya normal krn saya dlu sempat gendut,tapi setelah makin ksini antara dada kiri dan kanan ukuran nya tidak sama dan lebih dominan agak besar di sebelah kanan.

      Terima Kasih

      Hapus
    3. selamat malam ...memang besar sedikit itu tentu mesti di curigai sebagai gynekomasti dan tidak ada perbedaan konsistensi dan batas yang tidak jelas dan kekenyalan ya seperti payudara yang berkembang pada umumnya. menurut kami besar kemungkinan itu suatu gynekomasti dan jika anda ragu dapat di periksakan secara second opinion ke dokter bedah yang ada di dekat anda berdomisili. tks

      Hapus
  16. Dok..
    Insisinya apakah bisa lebih pendek lagi sehingga tidak begitu menimbulkan bekas luka yg kelihatan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam rezki dan salam kenal yo...insisi tentu tergantung kebutuhan dan sarana yang tersedia. Jika massa kecil insisi bisa di buat sekecl mungkin namun jika massa besar tentulah insisinya lebih baik besar supaya operasi tidak sulit dan tidak memakan waktu lama . Mesti juga kita sadari bahwa terpapar dengan anestesi yang lama juga akan tidak baik untuk tubuh dan penyembuhan pasien .

      Saat ini ada tehnil operasi yang menggunakan alat canggih dengan nama laparoskopik surgery ...dll semua sedang dalam pengembangan dan tentu tidak ada yang dapat menghalami perkembangan dunia medis dan kedokteran ini kedepannya..tks

      Hapus
  17. Assalamualaikum dok ..
    Saya putra dari pontianak ..
    Dulu saat usia saya 19 tahun saya pernah operasi gynecom di dada kanan sy ..
    Skrg di dada kiri saya ada benjolan .. dan itu besar dok ..
    Kadang2 Nyeri , di sekitar ketiak saya juga kadang sakit ...
    Sebenarnya benjolan itu sudah ada bbrp bln setelah operasi yg pertama ..
    Namun saya masih sibuk kuliah dan slalu menunda2 operasi hingga umur saya skrg 22 thn ..
    Saya berharap ini gynecom ..
    Krn saya sngt tkt dgn kanker payudara dok ...
    Mohon penjelasan nya atas keluhan saya dok ..
    Trima kasih . Semoga selalu dalam lindungan Allah dokter sekeluarga . Aamiin
    Assalamualaikum wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb...selamat malam dan salam kenal ya..putra dari pontianak..Seperti anda kami juga lebih senang benjolan yang anda alami adalah suatu gynekomastia jika mesti di bandingkan dengan kanker payudara . Sebab harus kita sadari bahwa angka kejadian kanker payudara pada laki-laki adalah kecil namun jika ada benjolan yang cepat di payudara laki-laki jarang berperilaku jinak.. atau dari seluruh kasus kanker payudara pada manusia maka 1 % dijumpai pada laki-laki.

      Jika kami boleh memberi saran , sebaiknya anda terburu-buru untuk memastikan permasalahan benjolan pada payudara atau dada kiri anda apalagi ada sebaran benjolan pada ketiak kiri jadi mohon juga anda pastikan ada tidak hasil PA dari jaringan tumor pada dada kanan yang telah di operasi ??

      Jika anda lalai tentu akan tidak baik bagi anda dan keluarga , ya...tks

      Hapus
  18. Makasih dok atas doa nya .. hasil PA di dada kanan menunjuk kan itu tumor jinak dok .
    Maaf dok, saya agak kurang mengerti apa yg dokter maksud dgn "namun jika ada benjolan yg cepat dst " ?
    Bisa di jelaskan lebih detail dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya putra , syukurlah jika benjolan pada dada anda adalah jinak sehingga anda tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan. Jika sudah ada hasil PA seperti yg anda telah sampaikan maka pembesaran yg terjadi tidak cepat. Sebab jika benjolan yang bertambah secara cepat di bawah 6 bulan maka secara klinis kita mesti menduga benjolan ini ganas dan mesti di pastikan dengan pemeriksaan PA.tks

      Hapus
  19. Hasil PA yg kanan alhamdulillah jinak dok ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah , tentu anda harusnya lebih tenang ..

      Hapus
  20. dok, saya darma 20th brdomisili di Jakarta, saya ingin bertanya tntang ginekomastia. Kedua payudara saya agak mancung dok, dan area sekitar puting mengembang, bulat dan rata dengan putingnya, tidak nyeri tapi sangat trlihat aneh dan tidak wajar, sangat mengganggu psikologis saya dan membuat saya depresi. Yang ingin saya tanyakan apa benar saya mengalami ginekomastia? karna prtumbuhan ini sdh saya rasakan sjak SMP.

    Kalau iya apa penyebabnya krna mslh hormon dn mslh pada testikel? krna baik testikel maupun penis saya terlihat normal, tapi memang pergelangan tangan saya agak kecil dok. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? apakah operasi satu"nya jalan? jika iya, apakah sebelumnya hrs terapi hormon dlu jika mmg ada masalah disana?

    RS atau klinik apakah yg dokter rekomendasikan di Jakarta? oh iya, krna saya mahasiswa dan blm brpenghasilan, srta keluarga saya trbilang kurang mampu kalau untuk mengeluarkan uang brpuluh-puluh juta hanya utk operasi spt ini, apakah bahaya jika saya tunda operasinya hingga 2 atau 3 tahun kedepan sampai saya memiliki pnghasilan sndiri? apa payudara saya akan brtambah besar dlm jangka waktu trsebut dok? oh iya, untuk masalah biaya apakah dgn mengoperasi ke 2 puting berarti biaya mnjadi double? terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya wahyu ...anda berdomisili di jakarta dengan perkembangan yang tidak normal pada kedua payudara anda dan ini sangat mengganggu aktifitas anda. memamng benar bahwa hal ini sangat bergantung dengan perkembangan hormonal yg tidak biasa dan akibatnya payudara anda berkembang seperti wanita kami berpraduga bahwa anda mengalami bilateral gynecomastia..

      Tindakan golden standar pada kasus ini masih berupa operasi rekonstruksi payudara dimana jar payudara yang tidak normal di buang dan di bentuk kembali sesuai laki-laki normal . belum ada obat yang akan mengecilkannya. jadi yaa satu-satunya .

      Ini lebih ke arah kecantikan atapsikologis anda , sebenarnya tidak ada masalah ancaman kesehatan yang mesti anda khawatirkan .jika anda merasa biasa saja ya dibiarkan juga tidak akan menimbulkan masalah.

      Untuk operasi anda tinggal jumpai ahli bedah plastik atau bedah tumor di rumah sakit - rumah sakitt jakarta spt rscm , darmais atau rumah sakit swasta terdekat tks

      Hapus
    2. Dok dada saya membesar sejak saya masih kecil..segala obat sudah saya coba tapi tak ada hasil..
      Berapa biaya operasinya dok..?
      Saya dari pontianak dok..
      Tolong di balas comment saya dok..

      Hapus
  21. Sore dokter ,
    Hasil PA dada kanan saya itu kan Jinak ya dok . Pada saat operasi itu bb saya 67kg . Tinggi 173 umur 19tahun . Skrg tinggi 173 bb 73 umur 22 tahun . Saya berharap di dada kiri saya itu gynecomastia yg membesar krna pertambahan bb saya . Aamiin .
    Saya jg ingin bertanya dok , apakah ada kemungkinan sebelah kiri ganas, sementara hasil PA sebelah kanan 3 tahun yg lalu itu jinak ? Mohon penjelasan nya dokter .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya iqbal ...benjolan dada sebelah kiri jika telah di periksa PA suatu gynecomastia tentu masih akan berdiagnosa gynecomastia dan tidak akan berobah menjadi ganas . apalagi dengan pertumbuhan selama itu. dan keganasan itu sangat jarang di usia seperti anda. tks

      Hapus
  22. Malam dok ..
    Yg sudah d periksa itu dada kanan dok (yg sudah d operasi) . Yg dada kiri belum pernah d periksa . Pertanyaan saya, apakah ada kemungkinan yg kiri itu ganas ? Sementara hasil PA kanan jinak ? Makasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore...Jika anda ingin tahu pasti bisa di periksakan dengan Jarum halus ( BAJAH ) hasilnya sudan bisa di ketahui dalam 2-3 hari ke ahli PA. namun secara klinis Ca jarang di jumpai pada umur spt anda.. tks

      Hapus
  23. Aamiin Ya Allah :) makasih dokter

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya juli suroso , pada prinsipnya untuk suatu gynecomastia murni terjadi karena pentumbuhan jaringan payudara karena pengaruh hormonal sehingga olahraga dan latihan beban tidak berpengaruh terhadap pengecilan otot payudara. Namun jika pembesaran itu karena penumpukan lemak yang berelbihan dan lazim di jumpai pada orang yang obesitas maka latihan beban dan olahraga tentu bisa mengecilkan bentuk payudara yang bergelantungan...atau bahkan menghilangkannya.. tks

      Hapus
  25. Dok, gynecomastia itu berupa benjolan atau hanya tumpukan/gumpalan lemak sih dok ? Makasih dokter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang mas iqbal ...gynecomastia adalah berkembangya jaringan payudara oleh rangsangan hormon yang biasanya terjadi pada wanita. jaringan payudara adalah berbeda dengan jaringan lemak namun bentuknya memang hampir menyerupai jaringan lemak.tks

      Hapus
  26. siankk dokk ,,,
    mau nanya ,, rumah sakit mana ya dokk di kota sukabumi yang bisa pake krtu BPJS buat oprasi gynecomastia...
    mohon informasi nya dok ..
    trims ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya mas fendi..anda berdomisili di sukabumi . jadi rumahsakit daerah sukabumi . dan biasanya ditanggung semua biayanya tks

      Hapus
  27. apakah ginekomastia pengobatannya ditanggung bpjs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS dan tentunya tersedia pemberi pelayanan yang sanggup melakukan tindakan di atas akan di tanggung tks

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Selamat pagi dan salam kenal ya danang , membaca keluhan yang telah anda utarakan memang terlihat seperti suatu sindrome klinefelter , suatu kelainan bawaan dimana terjadi kelainan kromosom..kami ikut merasa prihatin dengan kelainan yang menimpa anda.

    Terjadinya ginekomastia pada kasus dengan kleinifelter syndrome berkorelasi dengan produksi testosteron yang rendah sehingga jaringan payudara berkembang dan testis tidak berkembang..Infertilitas pada kasus kleinifelter memang bisa terjadi , namun anda harus memastikan kelainan tersebut dengan berkonsultasi ke dokter .

    Untuk kelainan gynecomastia anda dapat melakukan operasi rekonstruksi payudara ke ahli bedah plastik , BPJS atau askes biasanya menanggung biaya jika ada bekerja sama dengan BPJS tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Selamat malam anda harus sabar dan tenang sebab memang kasusnya jarang namun masih ada penanganan medis yang dapat anda coba , silakan anda konsultasikan kelainan anda ke dokter penyakit dalam bagian endokrin terlebih dahulu..selanjutnya mungkin ada terapi-terapi medis yang akan di lakukan . masalah operasi untuk gynekomastinya bisa di lakukan dengan bpjs di rumah sakit yang bekerja sama silakan anda ke bagian bedah umum atau bedah plastik ..untuk infertilitas coba konsultasikan ke bagian urology..tks

      Hapus
  30. Terima kasih dokter atas saran dan pencerahannya semoga bermanfaat mohon maaf jika posting saya, saya hapus agar orang orang tidak tahu.. Mkasih dokter

    BalasHapus
  31. assalamualaikum...saya ingin bertanya kepada dokter,saya mempunyai 3 parut yang agak dalem di hidung karena bekas jerawat,mulanya parut tersebut tidak terlalu besar..disebabkan keliatan bekas bolongnya,saya melukai lagi bekas parut tersebut menggunakan jarum sehingga berdarah agar bisa menutupi bekas bolong tersebut…begitu saya lakuin setiap kali udah sembuh!!sekarang saya udah merasa menyesal karena makin lama,makin membesar parut tersebut,sehingga saya agak minder kalau bertemu/bertatap ma orang lain...bisakah dokter menghilangkan/menutupi bekas bolong di hidung saya??kalau bisa,saya ingin secepatnya mendapatkan perawatan dari dokter dan sekitar berapakah biaya perawatannya?.. sekian terima kasih..harap dokter bisa mengerti penjelasan dari saya…




    BalasHapus
    Balasan
    1. wass.wr wb dan Selamat siang dan salam kenal , keluhan anda tentang adanya parut di wajah tentu akan sangat menganggu , , jerawat biasanya jika tidak di ganggu ,tidak akan meninggalkan bekas yang terlalu dalam , di pencet atau di tekan-tekan aja jerawat tidak di anjurkan apalagi jika sampai di korek atau di lukai , pasalnya jika sudah luka akan menimbulkan munculnya jaringan penyembuhan yang di sebut jaringan parut. dan jika cukup lebar maka jaringan parut akan terlihat jelas apalagi jika jaringan tersebut ada di wajah akan sangat terlihat dengan jelas...untuk tindakan di wajah biasnya melalui eksisi atau membuang jaringan parut tersebut melalui operasi dan memggunakan benang yang halus...dimana anda berdomisili >>>?

      Hapus
  32. Selamat pagi, Dok.
    Saya ingin bertanya beberapa hal:
    1. Dokter mengatakan untuk memastikan apakah benjolan itu gynecomastia atau bukan diperlukan aspirasi biopsi ( biopsi atau sedot dengan jarum halus ) oleh dokter spesialis patologi anatomy. Apakah ini bisa dilakukan di dokter bedahnya atau harus ke dokter spesialis patology anatomi? Saya domisili di Bandung.
    2. Agar hasil jahitan halus, Dokter mengatakan untuk menggunakan benang jahit halus atau jahitan di bawah kulit (subkuticular). Apakah prosedur ini bisa dilakukan semua ahli bedah atau harus di ahli bedah plastik?
    3. Kadang-kadang bekas operasi meninggalkan jaringan parut. Apakah ada sejenis obat yang bisa dipakai untuk mengurangi efek parut ini?

    Terima kasih atas perhatiannya, Dok.

    BalasHapus
  33. Selamat pagi, Dok.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Bila ini dideteksi sebagai gynecomastia, apakah dokter yang melakukan tindakan operasi dokter bedah umum, dokter bedah tumor, atau dokter plastik?
    2. Dokter mengatakan agar bekas jahitan halus diperlukan benang jahit yang halus atau jahitan di bawah kulit (subkuticular). Apakah prosedur ini bisa dilakukan semua dokter bedah atau harus ke dokter bedah plastik?
    3. Kadang-kadang bekas jahitan meninggalkan jaringan parut. Apakah ada sejenis obat yang bisa ditambahkan saat operasi untuk mencegah / mengurangi jaringan parut ini?
    4. Setelah dilakukan operasi, berapa lama diperlukan kontrol atau pengecekan hasil operasi ini?

    Terima kasih atas perhatian Dokter.

    BalasHapus
  34. Selamat pagi, Dok.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Bila ini dideteksi sebagai gynecomastia, apakah dokter yang melakukan tindakan operasi dokter bedah umum, dokter bedah tumor, atau dokter plastik?
    2. Dokter mengatakan agar bekas jahitan halus diperlukan benang jahit yang halus atau jahitan di bawah kulit (subkuticular). Apakah prosedur ini bisa dilakukan semua dokter bedah atau harus ke dokter bedah plastik?
    3. Kadang-kadang bekas jahitan meninggalkan jaringan parut. Apakah ada sejenis obat yang bisa ditambahkan saat operasi untuk mencegah / mengurangi jaringan parut ini?
    4. Setelah dilakukan operasi, berapa lama diperlukan kontrol atau pengecekan hasil operasi ini?

    Terima kasih atas perhatian Dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ....
      1 . Ya ketiga yang anda sebutkan tadi dapat melakukan operasi gynecomastia.

      2 . ya

      3 . ada , banyak merek yang bisa di gunakan baik suntikan atau oles nantinya .

      4 . 1 minggu kontrol dan buka jahitan tks

      Hapus
  35. selamat pagi dok, salamkenal
    setelah membaca pertanyaan dari teman" di atas dan jawaban dari dokter, yang saya ingin tanyakan adalah di RS manakah yang dokter rekomendasikan untuk wilayah Jawa Timur, dan dengan berlakunya BPJS saat ini apakah kartu askes orangtua saya tidak dapat meringankan biaya operasi tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya bahrul ..untuk berobat dan operasi dapat dilakukan di rumah sakit daerah dimana anda berdomisili , di jawa timur misalnya surabaya anda bisa berobat ke rs sutomo ke bagian bedah atau bedah plastik , atau bedah tumor. Anda mesti tahu bahwa askes dll nya itu sekarang di kelola oleh BPJS dan anda dapat mengganti kartu askes orang tua anda ke kantor BPJS terdekat di kota anda. tks

      Hapus
  36. Hasil operasi nya kurang bagus
    Apakah bisa hasil operasi nya seperti hasil operasi yg pernah saya lihat di utube yaitu bekas belahan di sisi puting nya samar terlihat trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya ...foto yang terpampang di atas adalah hasil operasi yang kami lakukan pada saat yang berbeda ...artinya pasien nya juga berbeda dan foto tersebut adalah foto langsung saat selesai operasi sehingga terlihat masih belum halus benang jahitan masih ada di dalam . namun kondisinya tentu berbeda jika luka telah mengering dan benag telah di buka . Dan perlu juga anda ketahui bahwa hasil operasi saat itu juga akan berobah jika terjadi infeksi dll sehingga terlihat bentuknya menjadi tidak baik.

      Namun yang lebih jadi bahan perhatian sebenarnya adalah keseimbangan antara payudara atau dada kanan dan kiri , jika kulit bagus tapi tidak seimbang tentu juga tidak memuaskan . Terima kasih ..

      Hapus
  37. siang dok.. saya Budi dari Malang.
    saya nyimak artikel ini dari atas sampai bawah, saya sangat senang mengetahui biaya operasinya di cover BPJS. yang saya tanyakan saat ke RS nanti saya konsultasinya kebagian mana?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore ya mas budi dan salam kenal ..untuk pastinya tentu sebaiknya anda berkonsultasi ke bagian bedah di rs di malang terutama tentunya rs daerah atau rumah sakit swasta yang bekerja sama dengan BPJS . Jika ada bagian bedah plastik atau bedah tumor anda juga lebih baik konsultasi ke poliklinik tsb. jelaskan penyakit anda dan hal yang sangat mengganggu bagi anda terutama dalam aktifitas sehari-hari . tks

      Hapus
  38. Dok.
    saya tanggal 5.nov kmaren allhamdulilah baru selesai menjalankan operasi gynekomasti..

    Dada saya yg bengkak sebelah kiri, dan itu ukuranya ga terlalu besar.
    malah klo diliat sekilas aja, ga akan ketauan klo itu gyneko..

    nah, yg mau saya tanya kan:
    1. Berbeda dgn testimoni yg lain di sini, kok gynekomasti saya itu nyeri...?
    dan yg membuat saya memutuskan mengambil jalan operasi itu karena nyerinya sangat mengganggu..
    jadi bukan krn alasan malu gede sebelah ato apa.. (krn ga terlalu keliatan)

    2. Mungkin ngga klo misalkan dokter yg mengoperasi itu melakukan kesalahan, dan tidak bersih mengangkat bagian yg seharusnya di buang..?
    soalnya pada kasus saya, setelah operasi di sekitar bagian puting rasa nyeri nya bener2 hilang.. tapi bagian bawah ketiak masih terasa nyerinya, masih sama kayak sebelum dioperasi...

    utk diketahui, saya ngerasa nyeri nya udah 2,5 tahun.. namun baru sekarang dioperasi, krn baru ketahuan penyakitnya..
    hasil test lab juga udah keluar..
    memang positif gynekomasti dan tidak berpotensi ganas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...anda sudah dilakukan operasi membuang jaringan gynecomasty.sejak 2 mgg yg lalu . dan saat ini masih terasa nyeri. Cuma masalahnya gynecomasty tidak ada keluhan nyeri sebelum operasi . sehingga mesti dicari kenapa ada keluhan nyeri. kalau pada wanita dengan pembesaran payudara karena ada hormonal yang meningkat atau sering disebut payudara aksessories. atau pada mammary displasia..

      namun begitu anda dapat evaluasi lagi beberapa minggu kedepan agar bisa dilihat apakah nyerinya karena pengaruh dari operasi saja atau ada faktor lain tks

      Hapus
    2. thks dok responnya..
      nah saya juga bingung kok di kasus saya bisa nyeri,,
      klo kata dokter yg ngoperasi saya itu krn ginekomasti ada tingkatannya, klo yg udh parah ya bisa sampe nyeri..

      tapi kmaren setelah di operasi beneran ilang dok nyerinya.. hehe..
      cmn bagian bawah ketiak aja yg masih kerasa nyerinya.. apa mungkin krn blm bersih?

      Hapus
    3. Semoga aktifitas dan produktifitas anda bagi keluarga dan masyarakat makin meningkat seiring nyeri dan massa yg makin berkurangtks

      Hapus
  39. Berapa biaya operasi fna b di malang kira 2 dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. FNAB bukan lah operasi dan biasanya di lakukan langsung oleh dokter ahli pathology anatomy . FNAB fine needle aspirasi biopsi atau di indonesia di sebut BAJAH biopsi aspirasi jarum halus. biasnya sudah innclude dengan pemeriksaan . berkisar antara 400 rb - 700 rb tergantung daerah dan ahli PA setempat..tks

      Hapus
  40. Slmat siang dok..sya lelaki 26 th ,skitar 5 th lalu terlihat payudara sy trlhat benjol smua..dan smpai skarang masih dan terlihat besar meski besarnya seimbang..mmang tdk teraaa sakit atau nyeri..tp mnggnggu pnampilan sy..sy dr jawa dan kerja kasar d jakarta
    1.apakah itu trmsuk seperti yg di alami kawan2 diatas?

    2.brpa biaya oprasinya ( dr dulu sy takut karena biaya.maklum cm kerja ckup buat makan)

    3.saya tdk pnya BPJS bagaimana mngurusnya ? Dmn klo d jakarta KTP sy msih jawa

    4.maaf dok..anda seorang dokter ? Apa terima opraai macam ni??
    Tq dok tlong bantu infonya.buat tmn2 klo ada rekomn RS dan biaya bs coret tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..mas.. anda menderita pembesaran payudara bilateral atau di sebut gynecomastia . Sebenarnya untuk tahu pasti bahwa nada memang benar menderita gynecomastia kita harus pastikan dengan melakukan pemeriksaan FNAB atau disebut juga dengan biopsi aspirasi jarum halus ( BAJAH ).oleh ahli path anatomi. jika positif suatu gynekomasti sebaiknya di buang atau rekonstruksi jika mengganggu.. memang gynecomastia biasanya tidak nyeri....

      Biaya operasi setahu saya tidak terlalu besar namun sangat tergantung pilihan rumah sakit atau dokter bedahnya . Missal ahli bedah plastik atau ahli bedah tumor mungkin akan memiliki tarif yang berbeda dengan ahli bedah umum .. dll.

      Jika tidak punya ktp jakarta tentu tidak bisa buat di jakarta anda harus buat di jawa tempat domisili ktp anda . dan untuk sampai di jakarta memang harus melalui pemeriksaan dan rujukan berjenjang dari puskesmas atau klinik , kerumah sakit kabupaten / kota , lalu ke rumah sakit provonsi dan terakhir ke rs rscm..

      ya kami saat sebagai ahli bedah umum juga melakukan operasi gynekomastia seperti yang ada di gambar adalah pasien yang kami operasi ..namun saat ini kami tengah pendidikan bedah sub spesialis veaskular dan endovaskular di RSCM jakarta . jadi jika ada kasus seperti yang anda alami akan di lakukan oleh ahli bedah plastik atau ahli bedah sub spesialis bedah onkology ..tks

      Hapus
    2. Dok.. Saya minta petunjuk..Rs di jkt..
      Yg bisa operasi gyne.. Plus biayanya dok yg murah..
      Saya mohon dok bantuannya.. Saya ga tau harus ke rs mana yg mematok tarif murah utk bedah gyne ini...
      Tnx u dok.. Mohon dibalas..

      Hapus
  41. Siang dok..klo biaya oprasi di jakarta kira brapa ya? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mas kacax ... untuk biaya operasi sangat bervariasi tergantung rumah sakit , spesialis yang mengerjakannya dan besarnya massa gynekomastinya. ahli bedah plastik atau ahli bedah tumor akan berbeda pola tarifnya dengan bedah umum , rumah sakit dan ruangan vip tentu juga berbeda dengan ruang biasa dengan rumah sakit yang bukan terstandard wah.dll.
      sebaiknya di tanyakan dulu mengenai biaya ini ke dokter bedahnya sebelum melakukan operasi . tks

      Hapus
  42. selamat pagi dok.saya rendy saya sudah pasti terkena gynecomasty.yang ingin saya tanyakan apakah sampai skrg ada keluhan pasien setelah di operasi dan apakah ada efek jangka panjang yg terjadi stlh melakukan operasi.kemudian apakah dokter ada saran dokter bedah khusus/plastik/tumor mana yg sering menangani kasus spt ini di jakarta.dan dokter tersebut praktek atau berlokasi di rumah sakit mana.soalnya saya ragu dok apakah smua dokter mengetahui ttg gynecomasty ini.akhir kata mohon maaf apabila ada kata yg tidak berkenan.terimakasih dok.mohon di respon yah dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya rendy...anda tidak perlu khawatir akan timbul efek samping atau hal-hal lain yang tidak di inginkan . hampir semua ahli bedah plastik atau ali bedah tumor bisa melakukan operasi gynekomasti ini. Dan resiko untuk membahayakan operasi di daerah payudara juga sangat kecil. jika anda mau kerumah sakit pemerintah saja juga cukup banyak seperti rs darmais ada banyak ahli bedah tumor di sana atau rscm bagian bedah plastik . untuk rs swasta juga bisa . intinya anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahlinya dan setelah semua cocok selanjutnya tinggal bikin skedul kapan mesti operasi , kapan masuk rumah sakit dan apa yang mesti di siapkan...tks

      Hapus
  43. assalamualaik wr.wb,, selamat sore dok ! saya umur 16 tahun , dibagian belakang puting payudara bagian kanan saya terdapat benjolan sekitar 2 cm, diraba sedikit sakit atau linu , sebelah kiri hanya linu saja dok ! apakah itu termasuk gynekomasti ?? mohon jawabannya dok ! terima kasih !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...gynecomasty bisa mengenai satu atau kedua payudara..biasanya faktor hormon.massa payudara membesar seperti payudara wanita tidak keras dan tidak nyeri . jika anda ragu bisa anda periksakan ke dokter untuk memastikannya ....dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  44. Assalamualaikum Dok,

    Saya lelaki 21thn jakarta , Saya mau bertanya dok saya dulu saat usia 15thn berbadan gemuk /obesitas , dan sampai usia saya 17 tahun masih gemuk , saat itu kedua payudara (puting payudarah) saya membesar seperti wanita , saat itu saya berfikir mungkin karna saya obesitas , dan beberapa tahun kemudia saya melakukan diet dan sudah menurunkan berat badan 38 kg , skrg tinggi saya 166 bb 60 , dan skrg ini setelah saya sudah ideal tetapi kedua payudara (puting payudara) saya masih seperti dulu saat gemuk , masih besar , yg saya ingin tanyakan apakah saya gynecomastia ? keduanya tidak ada rasa sakit sama sekali tetapi yg mengganggu untuk saya adalah rasa kurang percaya diri karna itu , saya sudah mencoba berbagai latihan otot untuk membentuk dada tetapi hanya dada saya yg berotot tetapi kedua puting payudara saya tetap besar , menurut dokter apakah saya langsung datang kerumah sakit bagian ahli bedah untuk konsultasi masalah ini ? saya memiliki BPJS apakah bpjs mengcover semua biaya pada operasi gynecomastia ?
    terimakasih dokter , wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan slam kenal ya sebagai perbandingan bahwa gynecomastia pada lelaki hampir seperti payudara wanita dan konsistensi dan kekenyalannya menyerupai jaringan pada payudara wanita. dan tanpa ada otot seperti pada lelaki umumnya.apalagi jika puting dan areolanya besar itu merupakan gambaran ginecomastia. namun untuk pastinya anda mesti memeriksakan pada ahli bedah , bedah plastik atau bedah tumor..bpjs biasanya mengcover namun tentu berdasarkan keputusan dokter dan rsnya tks

      Hapus
  45. Dok sy punya ginekomasti, dada sy msh mancung penuh lemak walaupun sy sudah fitnes. Padahal ketika dikencangkan di dlm nya otot sudah terbentuk.
    Dulu kecil sy pernah punya asma, namun tdk tau diberikan obat apa oleh dokter.
    2 tahun lalu sy ke sps internis, dan sudah cek kadar hormon sy, tetapi hasilnya normal. Sampai sekarang badan sy masih terbentuk krn fitnes, tinggi 178, berat 74.

    Pertanyaan sy
    1. Apa benar ginekomasti yg sy derita? Tp kenapa bisa padahal hormon sy normal.

    2. Operasi apa yg harus sy lakukan?

    3. Biaya operasi nya kisaran brp dok? Dan untuk lebih tepatnya konsultasi ke dokter spesialis apa?
    Thanks

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum dok,,,
    Pada puting knan saya zda bnjolan awalnya 4 thun yg lalu kecil pkirqn saya krn sering di cubit tmend2,,,
    Tpi stlh 4 thn brlu benjolan smkin mbesar sebesar biji salak,,
    Apa itu gynicomastia dokk,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..gynecomastia adalah bentuk payudara yg sama dengan pertumbuhan payudara wanita bukan benjolan di bagian tertentu dari daerah payudara. jika keras dan bertambah besar sebaiknya anda periksakan segera ke dokter bedah tumor atau bedah umum bisa jadi benjolan itu suatu tumor apalagi jika konsistensinya keras karena gambaran gynecomasty bukan seperti itu tks

      Hapus
  47. Usia saya 17 dok..
    Memiliki dada besar seperti wanita sedari kecil.. Dulu memang saya gendut.. Namum berat badan saya sempat menurun.. Tetapi yg bikin geli dada saya masih sama besar kaya cewe.. Malah saya sampe fitnes beberapa bulan.. Tpi tetep aja.. Badan saya memang mulai berbentuk.. Tpi dadanya itu masih sama bentuknya kaya cewe..
    Akhirnya saya konsul ke dokter.. Lalu saya di USG.. Tapi hasil usg membuktikan dada saya tidak memiliki ciri2 gyne..
    Saya bingung.. Lebih baik saya divonis gyne kan .. Biar bisa dioperasi juga.. Dibanding hasil usg negatif.. Tapi kenyataannya.. Dada saya masih besar layaknya cewe.. Bahkan cewe aja ada yg kalah besarnya sama saya..
    Kebayangkan gimana rasanya.. Geli, ganyaman, dan pasti gak pd.. Malahan sekarang berat badan say kembali naik.. Dan yg bikin sedih dada saya tambah besar dan lembek..
    Padahal saya ini seneng bgt pake kaos oblong.. Karena ,saya emang gak tahan panas..
    Tolong pencerahannya dok..
    Tnx u..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ...jika boleh kami tahu ke dokter apa anda pernah berkonsultasi atau melakukan pemeriksaan usg ? sebaiknya anda konsultasikan ke ahli bedah plastik atau bedah onkology..dan jika bentuk payudara yg sangat mengganggu anda mungkin masih ada pilihan lain untuk memperbaikinya oleh seorang ahli bedah tks

      Hapus
  48. dok saya mau bertanya.
    apakah jamkesmas tidak dapat di gunakan dalam oprasi tersebut..
    saya salah satu penderita penyakit tersebut dari keluarga yg tidak mampu..
    saya tinggal di cikampek kerawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..jamkesmas dulu masih berlaku kami tidak begitu jelas apakah saat ini di era BPJS masih berlaku ...silahkan anda konfirmasi ke BPJS atau pemerintah daerah karawang. yg kamipernah tahu jamkesmas adalah pendanaan dari pemerintah daerah yg berlaku di rsud daerah setempat dan jika layanan tsb tidak bisa di lakukan di rs daerah setempat dan mesti di rujuk maka mesti mendapat rujukan dari dinas atau pemerintah setempat mengenai pembiayaannya tks

      Hapus
  49. Selamat siang, dokter.
    Saya mengalami pembesaran pada kedua dada saya dan putingnya agak mencuat. Saya belum memeriksakannya pada dokter namun telah berjali-kali mencari informasi mengenai hal ini di internet. Tapi dalam waktu dekat, saya akan memeriksakannya ke dokter.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah bekas operasinya sebesar itu? Tidak bisakah bekasnya lebih kecil misal hanya 2-3 cm saja? Karena nampak mengerikan melihat bekas operasi sevesar itu.

    BalasHapus
  50. Mf dok, cm mau knfirmasi sj nih...

    bkannya BPJS kesehatan tdk mnanggung tindakan yg brsifat estetika kcuali mmg rekomendasi medis..
    Jd sperti psang kawat gigi, prawatan kcantikan sperti operasi plastik tdk trtanggung d bpjs kshatan...kcuali mmg ada alasan medisnya...

    Untuk oprasi payudara ini apakh mmg bisa??? Mngingat hal ini kn tdk brbahaya, ini hnya mslah estetika sj...

    Trus apakah ntinya akan ad prbedaan harga jika operasi ini d tangani bagian bedah umum dgn bedah plastik???

    Kisaran hargax untuk sulawesi bgmn dok?? Trus rmah skit mana yg mumpuni utk oprasi ini dok...

    Trims bnyak...

    BalasHapus
  51. Slamat malam dok...mau tanya nih...
    1) Apa benar BPJs ksehatan mnanggung jenis operasi ini???
    Krn setahu saya...BPJs ksehtan hnya mnanggung hal2 yg pux indikasi medis...
    Sdangkn operasi ini kan hanyalah berlatarbelakang estetika saja...
    Atw mmg ad indikasi medis yg mmg mngharuskn sesorng mlakukn operasi ini?? Klw ad apa dok???
    Mhon koreksinya klw sy slah

    2) dok, apakh ntnya akan ad perbedaan hrga yg signifikan dr pelaksana operasi ini??? Misalnya ptugas operasi bedah plastik akan lbih mhal di banding ptugas operasi bedah biasa...
    Krn smpat sy baca dr artikel lain, ad bahkan yg sdh rela jual mobil dan harta2nya hx utk mlakukn operasi ini...

    3) dok, boleh mnta akun facebook atau twitterx?? Agar lbih mudah konsultasinya...

    Mohon di beri tanggapannya dok...
    Makasih banyakk..

    BalasHapus
  52. Kalau disurabaya dmn dok yang ada? Lalu apa dokternya mau? Karena kata teman saya nggak semua dokter mau mengoperasi ginekomastia, makanya saya jadi malu untuk periksa, dan herapa biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di siloam hospital bro. Coba temui dr Heru Purwanto, SpB(K) Onk

      Beberapa waktu lalu aku periksa ke sana. Udah daftar di lab buat USG tapi belum sempat karena harus berangkat ke tempat dinas. Mungkin next week ke sana.

      Jadwal prakteknya:
      Selasa & Kamis : 18:00-20:00 WIB
      Sabtu : 09:00-12:00 WIN

      Hapus
  53. Dok saya ada cir ciri gynecomastia. Saya ada bpjs dok. Saya harus ke rumah sakit mana dok supaya bisa langsung tindakan? Apa langsung di cover dan di setujui oleh rs? Saya di jakarta selatan dok. Terima kasih. Tolon di balas..

    BalasHapus
  54. Dok mw tnya..
    Klo negatif gynecomastia,tpi dada gede kyk cew gmna ya dok.
    apa bsa operasi,trus biayanya kisaran brp dok?
    mksh dok...

    BalasHapus
  55. assalamualaikum dok saya mahasiswa umur 18 th sejak seminggu yg lalu dada kanan saya ada benjolN tepatnya dibagian blkang puting , rasanya sedikit nyeri dok tapi ketika saya tekan benjolan itu tidak pindH alias melekat , apakah saya terkena ginekomastia dok?

    BalasHapus
  56. salam dokter, untuk daerah surabaya yang bagus utk operasi pake bpjs dimana dok? makasih

    BalasHapus
  57. Permisi dok mau nanya,umur saya 19
    saya menderita Gyne dari dulu, mengganggu banget bikin ga pede.
    Gyno saya ada di kanan dan kiri, dan ukuran mereka beda. Saya yakin itu gyno soalnya mancung, ga nyeri, dan berat badan saya sekarang uda ideal. 172 63kg. Uda saya derita semenjak Smp.

    1. Biaya operasi range nya kira2 berapa ya dok, kebetulan saya mahasiswa, uang cuma dapet dari orang tua, jadi biar bisa tau berapa yang harus di kumpulin
    2. Dari spesialis2 yang dokter sebutin, kira2 yang mana yang paling baik ?
    3. Lokasi saya dipalembang, mungkin dokter tau RS atau spesialis yang bisa nanganin gyno bisa di kasih tau ke saya ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  58. dok saya menderita ginekomastia sudah 8 tahun , dan saya sangat depresi karenanya , yang saya ingin tanyakan mungkin melenceng , tapi saya butuh jawaban , jika saya melakukan operasi apakah dosa atau tidak ? mohon dijawab dok

    BalasHapus
  59. dok saya mau tanya apakah operasi ini mahal ? dan apakah melakukan operasi gibnekomastia itu dosa ? mohon dijawab dok

    BalasHapus
  60. Dok saya adhy , dan sdah melakukan operasi , yg ingin saya tanyakan

    Seminggu setelah operasi saya merasakan pengerasan daging di sekeliling bagian puting saya , apkh itu wajar ?

    BalasHapus
  61. Misi dokk ..
    Saya Pria Umur 12 th ke Juni 13 th saya raba payudara saya di blakang puting saya terdapat benjolan kecil tapi bisa di geser ⬅➡⬆⬇ dok apakah itu gynecomastia saya berada di Jakarta Barat Tolong Balasannya Dok Terima Kasihh Sbelumnya

    BalasHapus
  62. Misi Dokk ..
    Nama saya rendi umur 12>13 TH Saya meraba payudara kanan saya di blakang puting saya ada benjolan kecil tapi benjolan tsb bisa di geser⬅➡⬆⬇ dokk itu bisa ilang sendiri ??
    Jakarta Barat

    BalasHapus

leave a comment please..